What Is The Secret

Tuesday, May 19, 2009

Narkoba dan Hiv Aids part 5

awalnya..aku tidak mempercayai..mengapa bisa narkoba menjadi suatu benda yang dapat menghancurkan diri sendiri dan lingkungan sosial.. aku tidak memprcayai betapa dahsyatnya benda itu sehingga menjadi suatu candu yang membuat orang tidak bisa lepas dengannya..sampai aku bergabung menjadi volunteer di panti rehabilitasi tersebut..dan aku mengenal baik orang-orang special itu...

berikut adalah pembahsan tentang pecandu yang aku kutip dari www.yakita.or.id


(3)PECANDU

"Jika tidak ada kata seperti, Adiksi/Kecanduan, maka tidak akan ada Pecandu."  Adiksi adalah suatu "Penyakit, hasrat/obsesi secara mental dan emosional, digabungkan dengan hasrat/obsesi secara fisik".  Definisi yang sederhana tentang seorang Pecandu adalah, "Saya tidak bisa berhenti"...  Sekali seseorang telah menjadi 'Pecandu', sepertinya mereka sudah memiliki 2 kepribadian yang terbelah dan berbeda.  "Kepribadian normal mereka yang lama menyenangkan, sedangkan kepribadian baru kecanduan mereka sangat menyeramkan'...

Alkohol (termasuk juga bir), Putaw (Heroin), Shabu-shabu (Methamphetamine), dan Kokain adalah zat-zat yang sangat adiktif...  Marijuana, Nipam, Ekstasi, LSD, Mushroom dan lainnya (Barbiturasi, Amphatamine, Hallucinogen) adalah semua 'obat-obatan' yang dapat dengan mudah menuntun seseorang pada 'adiksi'...!
Sekali seseorang kecanduan terhadap obat-obatan atau alkohol tidak ada jalan kembali.
  Adiksi, dan Kepribadian Adiksi, hampir seluruhnya mengambil kendali atas hidup seseorang...  Dunia Adiksi dimana si Pecandu tersebut hidup menjadi Dunia Mimpi Buruk...  Si Pecandu harus menggunakan obat-obatan atau alkohol (atau keduanya), kecil sekali atau tidak ada pilihan sekali kecanduan!

Pecandu seringkali tidak menggunakan 'obat-obatan dan alkohol' setiap hari, atau bahkan setiap dua hari sekali.  Para Pecandu seringkali hanya menggunakan obat-obatan atau minum alkohol di malam hari, atau hanya pada akhir minggu.  Atau hanya menggunakan 'zat-zat' tersebut beberapa hari dalam sebulan.  Tetapi, 'sekali zat kimia dimasukkan, 'hasrat/obsesi mengambil alih, dan si Pecandu harus mabuk'.
'
Hal-hal lain, selain mabuk menjadi tidak lengkap!'  Jika  tidak lengkap, untuk alasan apapun, si Pecandu akan menyelesaikan 'mabuk'  mereka di tempat lain, dan kadang setelahnya...
Bagi Pecandu tidak ada yang lebih penting dari obat, obat harus didahulukan.
Jika si Pecandu tidak mendapatkan 'sang obat', si Pecandu mulai mengalami gejala-gejala Penarikan Kimiawi, Sakit Junkie (Sakaw).  Tanpa 'obat, kehidupan terasa menyakitkan, dengan obat, kehidupan bisa diterima sekali lagi'.  Sakit apapun, rasa bosan, stress, atau marah, akan menyebabkan si Pecandu mencari 'sesuatu yang melegakan'.

  Sesuatu yang melegakan bagi Pecandu berarti,

 'memakai obat-obatan lebih banyak, dan menghilangkan rasa sakit tersebut'...  

Para Pecandu akan melakukan hampir apa saja untuk mendapatkan obat mereka.  Si Pecandu akan berbohong, mencuri, menipu dan seringkali 'menjual diri' untuk mendapatkan obat...  Dunia Adiksi adalah mimpi buruk, dan siapa saja yang dekat dengan si Pecandu hidup dalam mimpi buruk Adiksi...

  Peraturan Pertama di Jalanan adalah,
"Semua Pecandu adalah pembohong dan pencuri, jangan pernah percaya pada Pecandu."
'Kehidupan keluarga' dari Pecandu manapun adalah buruk hingga menyeramkan, memalukan sampai menyedihkan, kemarahan hingga kebencian, ketakukan hingga kekerasan, dan kadang kala kekerasan yang mematikan...  Setiap orang dalam keluarga sangat terpengaruh secara mendalam dengan  'tingkah laku, kebiasaan dan pola' pecandu.  Moral dan etika dihancurkan di setiap Rumah tangga Pecandu manapun.  Kegelisahan, ketegangann dan perasaan sakit menguasai rumah tangga...
Tidak ada seorangpun yang 'aman' dari pecandu jika mereka ada di sana.  Apabila si pecandu tidak ada, akan selalu ada kekhawatiran yang terus menerus memikirkan dimana mereka berada...
Ini adalah realitas yang tragis dan menakutkan tentang Dunia Adiksi, Dunia Pecandu, dan Dunia Keluarga Pecandu yang hidup di dalamnya...  Selalu!  

Jika ada seorang Pecandu di dalam rumah atau keluarga anda, anda dalam kesulitan!

Dan, Pecandu selalu bertambah parah seiring dengan perkembangan adiksinya, ia tidak akan membaik, kecuali dirawat...!

Mengapa tingkah laku kita berubah ketika kita menggunakan obat-obatan?

Sederhana, obat-obatan menenangkan...

Obat-obatan (termasuk alkohol) baik merangsang (heightens) atau sedatif (lowers) 'fungsi dan aktifitas dasar dan standar otak '.  Setiap orang cenderung merasa mereka menjadi 'lebih bebas' (pada awalnya)...  Mereka akan bertindak seolah-olah mereka lebih berani, lebih santai, tampak lebih baik, lebih pintar, dan mereka melakukan 'hal-hal' yang biasanya tidak mereka lakukan jika tidak menggunakan obat-obatan.

Ini adalah salah satu 'ilusi terbesar' dari obat-obatan pada awalnya.

'Obat-obatan, awalnya, membuka sebuah jendela di dalam pikiran', suatu Dunia Fantasi yang Memikat, Menyenangkan dan memberi Hiburan.

Tingkah laku-pun berubah sehubungan dengan pemakaian obat, begitu juga dengan kepribadian seseorang...

Apakah tanda-tandanya jika seseorang telah menyalahgunakan obat atau kecanduan terhadap obat-obatan?

a. Mereka berganti teman
b. Nilai sekolah mereka mulai menurun, atau mereka mulai bolos sekolah/kerja.
c. Musik dan cara berpakaian mereka berubah.

d. M
ereka selalu memerlukan lebih banyak uang'
e. Mereka mulai menyalahkan orangtua/keluarga mereka untuk semua masalah da n kesulitan-kesulitan mereka.
f. Mereka mulai berbohong.
g. Mulai mencuri.

h. Mulai bergadang, atau tidak pulang sama sekali.

i. Hampir semuanya menjadi '
membosankan'...
j. Mereka menjadi mudah frustrasi dan marah (seringkali dalam kemarahan mereka membanting dan memecahkan barang-barang di rumah)
k. Mereka mulai menolak pergi bersama-sama keluarga

l. Semakin dan semakin sering menonton TV (seringkali 4 sampai 10 jam setiap hari)

m. Pemikiran untuk menghancurkan diri sendiri (bahkan bunuh diri) bisa muncul

Bersamaan dengan 'simptom-simptom' ini, harga diri, hormat terhadap diri sendiri, motivasi diri, kebanggan diri, dan mencintai diri sendiri, semuanya menurun...  Kebanyakan semuanya diganti dengan kebalikannya...

Berapa kali pecandu memakai obat?

Pecandu yang kecanduan terhadap Putaw dan Shabu biasanya memakai obat 2 sampai 5 kali sehari. 

Alkoholik kronis akan minum 4 sampai 8 gelas (besar) atau lebih setiap hari. 

Pecandu kronis mariyuana akan mengisap mariyuana 3 sampai 6 kali sehari. 

Dengan obat-obatan yang lain pemakaian ini bisa berbeda antara yang satu dengan yang lain, dan obat yang membuat mereka kecanduan.

    Apa yang terjadi pada seseorang setelah mereka kecanduan?

Adiksi bersifat progresif, baik secara mental maupun fisik.  Sekali seseorang menjadi pecandu kehidupan mereka berubah dari parah menjadi buruk, dari ketakutan menjadi panik, dari kegelisahan menjadi paranoid, dari sakit menjadi penderitaan.  Adiksi selalu menjadi parah semakin lama seseorang tetap kecanduan.

Semakin sering kebanyakan orang sadar bahwa adiksi menyebabkan kematian!

Adiksi tidak terjadi begitu saja, dalam waktu singkat. Pengrusakan Adiksi juga terjadi melalui suatu proses. Perlu waktu untuk menjadi pecandu, perlu waktu pula untuk pulih!

Ingat, anda pun waktu itu tidak segera tahu ketika si pecandu anda mulai minum alkohol dan menggunakan drugs? Banyak di antara kita yang mengetahui si pecandu bermasalah dengan drugs ketika masalah sudah begitu bertumpuk sehingga anda tidak bisa tutup mata lagi.

Masuk pemulihan, sudah tentu harapan anda adalah ia keluar pulih total. Perilaku si pecandu juga anda harapkan sudah berubah sempurna. Namun waktu enam bulan dalam pemulihan, bukan waktu lama untuk mengubah sikap. Berapa besar perubahan dalam diri anda sendiri dalam waktu enam bulan terakhir ini?

No comments:

Post a Comment