What Is The Secret

Sunday, May 17, 2009

Narkoba & Hiv Aids part 3

Pelatihan volunteer baru pun di mulai setelah makan malam. Kami memperkenalkan diri masing-masing dan orang-orang special itu juga memperkenalkan diri mereka. Tidak tampak pada mereka seorang pemakai ataupun pengidap Hiv/Aids..mereka terlihat begitu "ganteng" (karena mereka adalah laki-laki) dan bertubuh segar, meskipun ada yang kurus dan ada juga yang gemuk. mereka memiliki aura yang begitu menenangkan. senyum mereka, tawa mereka, adalah sesuatu yang membuat mereka semakin menjadi special di mata ku...
" halo... saya (nama tidak disebutkan) dan saya adalah junkie..." itu lah ciri khas perkenalan mereka. Saat pelatihan kami di bekali tentang apa itu junkie, narkoba , dan hiv/aids... dan aku akan mencoba untuk menjelaskan secara detail tentang apa yang aku dapat selama 1 tahun menjadi volunteer di panti rehabilitasi tersebut.( materi aku dapatkan dari website panti rehabilitasi).

Hal pertama yang akan aku bahas adalah tentang junkie , atau tentang pemakai narkoba..

Junkie atau pemakai narkoba memiliki beberapa tingkatan sampai mereka akhirnya kecanduan pada narkoba... berikut pemaparan yang aku ambil dari website www.yakita.or.id

..:: PENGGUNA ::..
(1) PENGGUNA

Pengguna adalah seseorang yang 'Menggunakan' narkoba atau alkohol yang memang benar-benar hanya itu. sekedar 'menggunakan' narkoba atau alkohol entah untuk bersenang-senang, rekreasi dan relaksasi, menghilangkan stress dan kecemasan, perayaan dan acara-acara khusus atau hiburan.

Hidup mereka tidak berputar di sekitar dunia narkoba dan alkohol.

Orang-orang ini jarang sekali, jika pernah, terlihat dalam kondisi 'tersungkur mabuk, atau sedemikian mabuknya sehingga mereka tidak dapat berdiri dan berfungsi di bawah kendali mereka sendiri'.

Orang-orang ini, 'para pengguna. sangat jarang mengalami persoalan besar dan berkelanjutan dengan masalah menyalahgunakan suatu substansi dalam hidup mereka'.

Mereka adalah orang-orang yang dikatakan sebagai 'Pengguna sosial, rekreasional, atau sewaktu-waktu'.

Kehidupan si pengguna, dan keluarganya tidak dikorbankan, dikendalikan atau diatur oleh narkoba atau alkohol. Dan apabila 'Pengguna' mempunyai masalah, bahkan masalah yang serius dengan narkoba atau alkohol, namun hal tersebut tidak dianggap 'biasa' dalam kehidupan mereka.

=======================

dalam tahap ini pengguna narkoba, belum mendapatkan masalah yang rumit dalam hidupnya. mereka hanya menggunakan narkoba.. tingkatan selanjutnya akan di bahas dalam part berikutnya...


No comments:

Post a Comment