What Is The Secret

Tuesday, May 19, 2009

Narkoba & Hiv Aids part 4

..:: PENYALA.s


setelah tahapan pertama yaitu peengguna , sekarang aku akan menjelaskan tentang tahapan kedua yaitu penyalahguna. berikut pembahasannya yang aku ambil dari www.yakita.or.id

{2} PENYALAHGUNA

Seorang 'Penyalahguna' mempunyai masalah-masalah langsung yang beruhubungan dengan Obat-obatan dan alkohol dalam hidup mereka! Masalah-masalah tersebut dapat muncul secara Fisik, Mental, Emosional, atau Spiritual.

Kadang kala Penyalahguna 'dapat mengendalikan penggunaan obat-obatan atau alkohol mereka tetapi tidak seorangpun, baik anda ataupun si Penyalahguna, yang tahu apakah hari ini si Penyalahguna yang akan mengendalikan substansi tersebut, atau substansi itu yang akan mengendalikan si Penyalahguna sehingga timbulah masalah-masalah'.

Masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan obat-obatan dan alkohol menjadi isu/tema yang terjadi lagi dalam kehidupan si Penyalahguna. Para Penyalahguna tahu bahwa obat-obatan dan alkohol menyebabkan masalah yang kadang berat dan kejam. Namun, 'Penyalahguna memilih untuk menyalahgunakan substansi tersebut' tanpa mempedulikan apa yang mereka ketahui. Banyak Penyalahguna 'mulai dan berhenti secara teratur'. Khususnya ketika ada masalah dan kegagalan dalam hidup mereka.

Para Penyalahguna secara terus menerus berjanji untuk berhenti, untuk lebih bisa mengendalikan obat-obatan dan alkohol mereka kali lain. Para Penyalahguna berjanji pada anda, pada dirinya sendiri, dan Tuhan... mereka 'tidak akan melakukan apalah itu lagi '...! Tapi, setelah sahari, seminggu, dua bulan, setelah mereka membuktikan kepada dirinya sendiri mereka bisa berhenti, atau mengendalikan penggunaan obat atau kebiasaan minumnya, Penyalahguna mulai memakai sekali lagi. 'Pola lama menyalahgunakan obat dan masalah-masalah muncul sekali lagi'.

Para Penyalahguna selalu menolah untuk sepenuhnya berhenti sekali untuk selamanya. Penyalahguna tidak bisa membayangkan hidup tanpa obat-obatan dan alkohol, dan/ata tanpa teman-temannya... Bahkan ketika si penyalahguna mengurangi pemakaian atau berhenti, mereka jarang 'berganti teman-teman'... Teman-teman mereka biasanya juga menyalahgunakan obat-obatan dan alkohol. Hal itu adalah ikatan yang biasa, sering ditemukan diantara Penyalahguna Obat - teman-teman mereka...

Keluarga dari Penyalahguna obat dan alkohol umumnya menyiksa diri mereka sendiri. Keluarga senantiasa khawatir tentang 'perubahan suasana hati dan emosi' dari si Penyalahguna. Tingkah laku, Kebingungan, Kemarahan, Frustrasi, Uang, Penolakan, Rasa bersalah, Rasa Malu, Sarkasme, Menyalahkan, Caci maki yang terpendam, Kegelisahan, Stress, Masalah Seksual, Takut, Kekerasan Fisik dan Emosional, adalah faktor-faktor yang biasa di dalam rumah seorang Penyalahguna.

Penyalahguna seringkali menjadi Pecandu!

Apa yang dimaksud dengan menyalahgunakan obat?

Sederhana...!

Ketidakmampuan seseorang untuk mengendalikan

jumlah asupan obat yang mereka pakai,

dan ketidaksanggupan mereka untuk mengendalikan

tingkah laku mereka pada saat memakai obat!

'Resiko' apa yang dihadapi seseorang jika ia menyalahgunakan obat?

Ketika seseorang mulai menyalahgunakan obat-obatan, mereka juga mulai 'menghadapi masalah-masalah yang berhubungan langsung dengan obat-obatan dalam hidup mereka'.

Semakin banyak seseorang menyalahgunakan obat,

semakin banyak masalah yang timbul dalam hidupnya.

Semakin banyak masalah yang mereka miliki dalam hidupnya,

mereka akan semakin menyalahgunakan obat-obatan...

Pada tahap ini sulit membedakan mana yang

datang terlebih dahulu-

obat-obatan, atau masalah!


No comments:

Post a Comment